Minggu, 14 September 2014

RPP KURTILAS KELAS 4 SEMESTER 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan
:  SDN Ujunggagak 01
Kelas / Semester
:   I / 1
Tema 1
Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1
:Keberagaman Budaya Bangsaku
Mapel
:   PKn, Bahasa Indonesia, IPS& SBdP
Pembelajaran Ke
:   1
Alokasi Waktu
:   1  x Pertemuan (6 x 35 menit)

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.1       Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1       Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator :
¡  Mengolah informasi dari teks “Mengenal Suku Minang” dalam bentuk peta pikiran

Kompetensi Dasar
PPKn
3.4       Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
4.3       Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.4       Mengelompokkan kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
3.4       Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
Indikator :
¡  Menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan
¡  Menjelaskan ciri khas suku Minang dalam bentuk peta pikiran
¡  Menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia

Kompetensi Dasar
IPS
3.5       Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5       Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
Indikator :
¡  Menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan

Kompetensi Dasar
SBdP
3.2       Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan
4.5       Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada
Indikator :
¡  Menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia “ dengan tinggi rendah nada yang sesuai

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Setelah mengamati gambar dan diskusi kelas, siswa mampu menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan dengan benar.
¡  Setelah membaca teks “Mengenal Suku Minang”, siswa mampu mengolah informasi dalam bentuk peta pikiran dengan benar.
¡  Setelah mencari informasi keragaman teman sekelasnya dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan dengan benar.
¡  Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia dengan benar.
¡  Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu membedakan tinggi rendah notasi yang sesuai.

D.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Peta budaya (ada di buku siswa), teks lagu “Aku Anak Indonesia”, perbedaan pakaian adat, rumah adat, tarian adat, dan alat musik tradisional.
¡  Teks “Mengenal Suku Minang”.
¡  Ciri khas daerah dapat dilihat dari berbagai sisi (bangunan, pakaian, rumah adat, bahasa, upacara adat, dan lain-lain).

E.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan        : Saintifik
¡  Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
F.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Gurumemberikan salam dan mengajak semua siswaberdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangIndahnya Kebersamaan”.
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
¡   Siswa mengamati peta budaya perbedaan pakaian adat, rumah adat, tarian adat, dan alat music tradisional. (Mengamati)
¡   Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.(Menanya)
¡   Guru berkeliling untuk mengetahui apakah ada siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas.
¡   Siswa mendiskusikan jawaban secara berkelompok (satu kelompok terdiri atas 5 siswa). (Mengekplorasi)
¡   Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya. (Mengkomunikasikan)
¡   Siswa membaca teks “Mengenal Suku Minang”.(Mengamati)
¡   Siswa mengambil informasi penting dari teks yang dibacanya dan menuliskannya dalam bentuk peta pikiran.
¡   Siswa berpasangan mendiskusikan jawaban dengan temannya. Guru dan siswa mendiskusikan hasil jawaban tersebut di depan kelas. (Mengekplorasi)
¡   Setelah membuat peta pikiran dan mendiskusikannya, siswa secara individu menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.(Mengasosiasi)
¡   Untuk menggiring siswa pada pelajaran selanjutnya, guru secara klasikal mengajukan pertanyaan berikut: (Menanya)
-   Dari manakah asal daerah kalian?
-   Apakah ciri khas daerah asalmu?
¡   Siswa mencari asal-usul daerah teman-temannya di kelas melalui kegiatan bertanya-jawab tentang suku, agama, dan ciri khas daerah masing-masing. Ciri khas daerah dapat dilihat dari berbagai sisi (bangunan, pakaian, rumah adat, bahasa, upacara adat, dan lain-lain).(Mengekplorasi)
150 menit
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit

G.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Peta budaya (ada pada buku siswa), teks lagu “Aku Anak Indonesia”.

H.     PENILAIAN
1.   Daftar periksa untuk peta pikiran. (Bahasa Indonesia)
Kriteria Penilaian
Keterangan
Sudah
Belum
Peta pikiran memuat rumah adat.


Peta pikiran memuat bahasa.


Peta pikiran memuat alat musik tradisional.


Peta pikiran memuat makanan tradisional.


Peta pikiran memuat tarian tradisional.



2.   Daftar periksa untuk sikap menunjukkan keberagaman. (IPS dan PPKn)
Kriteria Penilaian
Keterangan
Sudah
Belum
Menuliskan 5 sikap menghargai keberagaman.


Menuliskan 5 sikap yang tidak menghargai keberagaman.






3.   Daftar periksa untuk menyanyi. (SBdP)
Kriteria Penilaian
Keterangan
Sudah
Belum
Bernyanyi sesuai dengan intonasi yang benar.


Bernyanyi sesuai dengan tinggi rendah nada.













Mengetahui
............................................




......................................
NIP. ...................................................
............................,     Agustus 2014
Guru kelas IV




......................................
NIP. ...................................................






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan
:  SDN Ujunggagak 01
Kelas / Semester
:   I / 1
Tema 1
Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1
:Keberagaman Budaya Bangsaku
Mapel
:   Bahasa Indonesia, MTK& SBdP
Pembelajaran Ke
:   2
Alokasi Waktu
:   1  x Pertemuan (6 x 35 menit)

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.1       Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1       Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator :
¡  Menjelaskan persamaan antara dua rumah adat yang disajikan
¡  Menjelaskan perbedaan antara dua rumah adat yang disajikan

Kompetensi Dasar
Matematika
3.12     Mengenal sudut siku-siku melalui pengamatan dan membandingkannya dengan sudut yang berbeda
4.13     Merepresentasikan sudut lancip dan sudut tumpul dalam bangun datar


Indikator :
¡  Membedakan jenis sudut lancip, tumpul, dan siku-siku
¡  Mengukur besar sudut dengan menggunakan busur
¡  Mendeskripsikan bentuk-bentuk sudut

Kompetensi Dasar
SBdP
3.3       Mengenal tari-tari daerah dan keunikan geraknya
4.10     Memperagakan makna gerak ke dalam bentuk tari bertema dengan mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan ruang gerak.
Indikator :
¡  Menjelaskan (asal, keunikan gerakan) salah satu tarian adat (tari Kipas)

C.     TUJUAN PEMEBALAJARAN
¡  Setelah membaca teks dan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan  perbedaan antara dua rumah adat dengan benar.
¡  Setelah membaca teks dan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan persamaan antara dua rumah adat dengan benar.
¡  Setelah bereksplorasi, siswa mampu membedakan jenis sudut lancip, tumpul, dan siku-siku dengan benar.
¡  Setelah bereksplorasi, siswa mampu mengukur besar sudut dengan menggunakan busur dengan benar.
¡  Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan (asal, keunikan gerakan) salah satu tarian adat (tari Kipas) dengan benar.

D.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Alat: Busur, penggaris, dan benang.
¡  Teks tentang rumah adat dan mengamati bentuknya.
¡  Persamaan dan perbedaan dari dua rumah adat yang disediakan.
¡  Sudut lancip, tumpul, dan siku-siku.
¡  Teks tarian tradisional.

E.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan        : Saintifik
¡  Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah








F.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Gurumemberikan salam dan mengajak semua siswaberdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangIndahnya Kebersamaan”.
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi,
10 menit
Inti
¡   Siswa membaca teks tentang rumah adat dan mengamati bentuknya.(Mengamati)
¡   Siswa mencari persamaan dan perbedaan dari dua rumah adat yang disediakan. (Mengekplorasi)
¡   Siswa menemukan sudut lancip, tumpul, dan siku-siku.
¡   Siswa menunjukkan jawabannya dengan cara melingkari sudut yang dimaksud dan memberinya nama.(Mengasosiasi)
¡   Siswa saling mengonfirmasi jawaban dengan pasangannya.(Mengkomunikasikan)
¡   Guru memberikan penguatan terhadap jawaban-jawaban siswa. (Mengkomunikasikan)
¡   Untuk melatih daya analisis dan kemampuan bernalar, guru memberikan pertanyaan tambahan: (Menanya)
-   Mengapa bentuk atap sebuah rumah memiliki besar sudut yang berbeda?
-   Apa pengaruhnya?
¡   Siswa memperhatikan benda, misalnya buku, meja,dan papan tulis yang ditunjukkan guru. (Mengamati)
¡   Siswa menerka jenis sudut pada benda itu.
150 menit
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit

G.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Busur, penggaris, dan benang.

H.     PENILAIAN
1.   Daftar periksa untuk sudut dalam gambar gerakan dan mengukur sudut. (Matematika)
Kriteria Penilaian
Keterangan
Sudah
Belum
Siswa dapat menerapkan pemahaman sudut lancip, tumpul, dan siku-siku dalam gambar.


Siswa dapat mengukur sudut dengan tepat.



2.   Rubrik Diskusi.
Kriteria
Bagus Sekali
Cukup
Berlatih lagi
Mendengarkan
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara

(3)
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.
(2) ü
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.
(1)
Komunikasi nonverbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
Merespons dan menerapkan komunikasi nonverbal dengan tepat.
(3) ü
Merespons dengan tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.
 (2) ü
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.
(1)
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan  memimpin lainnya saat diskusi.
(3)
Berbicara dan menerangkan secara rinci, Merespons sesuai dengan
topik.
(2)
Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung.
(1) ü
Keruntutan  berbicara
Menyampaikan pendapatnya secara runtut dari awal hingga akhir.
(3)
Menyampaikan pendapatnya secara runtut, tetapi belum konsisten.
(2) ü
Masih perlu berlatih untuk berbicara secara runtut.
(1)

Catatan          : Centang (ü) pada bagian yang memenuhi kriteria.

Penilaian          : total nilai x 10           Contoh :2+3+1+2 x 10 = 8 = 6,7
12                                               12                 12

3.   Daftar periksa untuk sikap menunjukkan keberagaman. (Bahasa Indonesia)
Kriteria Penilaian
Keterangan
Sudah
Belum
Menuliskan dua perbedaan rumah adat


Menuliskan satu persamaan rumah adat



4.   Lembar kerja menjawab pertanyaan dalam teks dinilai dengan nilai angka. (SBdP)

5.   Penilaian sikap (toleransi, rasa ingin tahu, dan teliti). Contoh terlampir di halaman 151.












Mengetahui
............................................




......................................
NIP. ...................................................
............................,     Agustus 2014
Guru kelas IV




......................................
NIP. ...................................................





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan
:  SDN Ujunggagak 01
Kelas / Semester
:   I / 1
Tema 1
Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1
:Keberagaman Budaya Bangsaku
Mapel
:   PKn, IPS&PJOK
Pembelajaran Ke
:   3
Alokasi Waktu
:   1  x Pertemuan (6 x 35 menit)

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar
PPKn
3.1       Memahami makna dan keterkaitan simbol-simbol sila Pancasila dalam memahami Pancasila secara utuh.
3.4       Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.1       Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh.
Indikator :
¡  Menuliskan makna dari tiap sila Pancasila dalam bentuk peta pikiran
¡  Menjelaskan perilaku yang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam bentuk tulisan
¡  Mendesain poster tentang persatuan

Kompetensi Dasar
IPS
3.5       Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5       Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.

Indikator :
¡  Menjelaskan nilai-nilai yang dipelajari pada saat mempraktikkan permainan tradisional yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar
PJOK
3.9       Memahami pengaruh aktivitas fisik dan istirahat yang cukup terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh
4.3       Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan cepat dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau olahraga tradisional
Indikator :
¡  Mempraktikkan permainan tradisional dengan teknik bermain yang benar

D.     TUJUAN PEMBALAJARAN
¡  Setelah memperhatikan penjelasan guru, siswa mampu mempraktikkan permainan tradisional dengan teknik bermain yang benar.
¡  Setelah mempraktikkan permainan tradisional, siswa mampu menjelaskan nilai-nilai yang dipelajari, yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
¡  Setelah membaca teks dan berdiskusi siswa mampu menuliskan makna dari tiap sila Pancasila dalam bentuk peta pikiran dengan benar.
¡  Setelah berdiskusi siswa mampu menjelaskan perilaku yang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam bentuk tulisan dengan benar.
¡  Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat poster tentang keberagaman dengan benar.

D.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Beberapa poster dan tempat untuk bermain Gobak sodor atau Benteng.
¡  Jenis permainan tradisional.
¡  Makna sila-sila dari Pancasila.
¡  Gambar dan teksmakna sila-sila dari Pancasila.

E.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan        : Saintifik
¡  Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah









F.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Gurumemberikan salam dan mengajak semua siswaberdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangIndahnya Kebersamaan”.
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
¡   Guru mengenalkan berbagai jenis permainan tradisional yang ada pada buku siswa (nama, asal permainan, dan carabermain). (Mengkomunikasikan)
¡   Sebelum mengajak siswa bermain, guru membaca dengan saksama teks “Gobak Sodor” dan “Benteng-bentengan”.(Mengekplorasi)
¡   Setelah kegiatan bermain, siswa bersama guru berdiskusi tentang kegiatan permainan yang telah dilakukan.(Mengekplorasi)
¡   Siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa. (Menanya)
¡   Siswa menganalisis makna sila-sila dari Pancasila dengan menganalisis gambar dan membaca teks. (Mengekplorasi)
¡   Siswa diajak untuk menghubungkan hal-hal baik yang didapatkan dari permainan dengan nilai-nilai Pancasila. (Mengasosiasi)
¡   Siswa menulis cerita tentang pengalamannya bermain salah satu permainan tradisional. (Mengkomunikasikan)
¡   Siswa diingatkan untuk memasukkan hal-hal berikut dalam tulisannya.
Hal-hal yang harus ditulis adalah:
-   aturan permainan;
-   cara permainan;
-   strategi permainan;
150 menit
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit

G.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Beberapa poster dan tempat untuk bermain Gobak sodor atau Benteng.

H.     PENILAIAN
1.   Kegiatan mempraktikkan permainan tradisional dinilai dengan menggunakan daftar periksa. (PJOK)
Kriteria Penilaian
Keterangan
Sudah
Belum
Siswa mampu bermain gobak sodor dan galasin dengan aturan yang benar.


Siswa mampu bekerja sama dengan temannya saat bermain.



2.   Kegiatan menuliskan pengalaman dinilai dengan daftar periksa. (IPS)
Kriteria Penilaian
Keterangan
Sudah
Belum
Siswa mampu menuliskan aturan permainan dengan benar.


Siswa mampu menuliskan cara permainan dengan benar.


Siswa mampu menuliskan strategi permainan dengan benar.


Siswa mampu menjelaskan nilai-nilai yang dipelajari pada saat mempraktikkan permainan tradisional serta manfaatnya dengan benar.



Catatan          : Centang (ü) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian          : total nilaix 10
                                          16
Contoh            : 3+2+2+3x 10=  x10 = 6,3
                                           16         16







3.   Unjuk Kerja
Kriteria
Bagus Sekali
Bagus
Cukup
Berlatih lagi
Bahasa
Siswa dapat membuat dan menggunakan bahasa ajakan yang tepat dan informatif, serta mandiri saat mengerjakannya.
(4) ü
Siswa dapat membuat dan menggunakan bahasa ajakan yang tepat dan informatif, namun belum sepenuhnya mandiri saat mengerjakannya.
(2) ü
Siswa dapat membuat dan menggunakan bahasa ajakan yang tepat, namun belum informatif dan belum sepe-nuhnya man-diri saat me-ngerjakannya.
(2)
Siswa belum dapat mem-buat dan me-nggunakan bahasa ajakan yang tepat dan belum in-formatif serta belum mandiri saat menger-jakanya.
(1)
Gambar
Siswa dapat membuat gambar yang sesuai dengan kalimat yang dibuat serta ukuran yang seimbang dengan bidang kertas.
(4)
Siswa dapat membuat gambar yang sesuai dengn kalimat yang dibuatnya, namun ukuran gambar masih belum sesuai dengan bidang kertas.
(3) ü
Siswa belum dapat mem-buat gambar yang sesuai dengan kali-mat yang di buat, walau pun ukuran gambar sesuai dengan bidang kertas.
(2)
Siswa belum dapat membuat gambar yang sesuai dengan kalimat yang dibuat serta ukuran gambar belum sesuai dengan bidang kertas.
(1)
Kerapian
Siswa dapat menuliskan dan mewarnai gambar dengan rapi serta menarik dan dapat menjaga kebersihan kertas kerja.
(2)
Siswa dapat menuliskan dengan rapi dan mewarnai gambar tidak
melebihi garis gambar, na-mun dalam menjaga ke-bersihan ker-tas kerja be-lum maksimal (kotor dan ada coretan )
(1,5) ü
Siswa dapat menulis dengan rapi, namun dalam mewarnai belum rapi dan kebersihan kertas kerja belum terjaga.
(1)
Siswa belum dapat menulis dengan rapi dan dalam mewarnainya pun masih melebihi garis gambar serta kebersihan kertas kerja belum terjaga.
(0,5)










Catatan          : Centang (ü) pada bagian yang memenuhi kriteria.

Penilaian          : total nilai x 10          
                            12

Contoh            : 4+3+1,5 x 10 = 8,5 = 8,7
10                   10


4. Penilaian sikap (toleransi, tekun, dan teliti).
      Contoh terlampir di halaman 151.











Mengetahui
............................................




......................................
NIP. ...................................................
............................,     Agustus 2014
Guru kelas IV




......................................
NIP. ...................................................





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan
:  SDN Ujunggagak 01
Kelas / Semester
:   I / 1
Tema 1
Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1
:Keberagaman Budaya Bangsaku
Mapel
:   PPKn, IPS&IPA
Pembelajaran Ke
:   4
Alokasi Waktu
:   1  x Pertemuan (6 x 35 menit)

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar
PPKn
3.1       Memahami makna dan keterkaitan simbol-simbol sila Pancasila dalam memahami Pancasila secara utuh
4.1       Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh
Indikator :
¡  Menceritakan pengalaman mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar
IPA
3.5       Memahami sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indra pendengaran
4.4       Menyajikan hasil percobaan atau observasi tentang bunyi
Indikator :
¡  Menjelaskan sumber bunyi dalam bentuk tulisan
¡  Membandingkan bunyi yang dihasilkan oleh benda yang bergetar

Kompetensi Dasar
IPS
3.5       Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5       Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
Indikator :
¡  Menceritakan pengalamannya menjaga keharmonisan hubungan dengan teman sebagai pengamalan nilai-nilai Pancasila

C.     TUJUAN PEMEBALAJARAN
¡  Setelah membaca teks dan bereksplorasi dengan benda-benda sekitar, siswa dapat menjelaskan sumber bunyi dalam bentuk tulisan.
¡  Setelah bereksplorasi dengan benda-benda sekitar, siswa dapat  membandingkan bunyi yang dihasilkan oleh benda yang bergetar.
¡  Setelah berdiskusi siswa dapat menceritakan pengalamannya mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

D.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Berbagai jenis benda yang menghasilkan bunyi seperti botol, sendok, tutup panci, dan lain-lain (Segala macam bentuk bunyi berasal dari benda yang bergetar dan mengakibatkan udaradi sekitarnya bergetar pula).
¡  Teks tentang Alat Musik Tradisional.
¡  Konsep harmoni dalam bermusik.
¡  Makna harmoni dalam kehidupan sehari-hari.

E.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan        : Saintifik
¡  Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Gurumemberikan salam dan mengajak semua siswaberdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangIndahnya Kebersamaan”.


¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
¡   Siswa membaca dan memahami informasi teks tentang Alat Musik Tradisional.(Mengamati)
¡   Berdasarkan pengetahuan yang didapat dari teks bacaan, siswa diminta menyebutkan alat musik yang diketahuinya serta cara memainkan alat tersebut.(Mengkomunikasikan)
¡   Siswa bereksplorasi dengan berbagai sumber bunyi dari benda-benda di sekitar. Hasil eksplorasi dituliskan pada tabel pada buku siswa. (Mengekplorasi)
¡   Guru menyiapkan benda-benda yang dibunyikan dengan cara:
-       Ditiup: peluit
-       Digesek: sisir
-       Dipetik: karet
-       Ditekan: mainan anak
¡   Siswa mengamati tabel dan mengambil kesimpulan dari kegiatan yang dilakukan.(Mengamati)
¡   Guru membantu siswa untuk menemukan kesimpulan yang sesuai harapan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan seperti: (Mengkomunikasikan)
-       Apakah semua benda yang kalian amati memiliki bunyi?
-       Dengan cara apakah benda itu dapat berbunyi?
¡   Apa yang kalian rasakan pada kulit kalian saat kalian membuat benda itu berbunyi?
150 menit
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit


G.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Berbagai jenis benda yang menghasilkan bunyi seperti botol, sendok, tutup panci, dan lain-lain.
¡  Segala macam bentuk bunyi berasal dari benda yang bergetar dan mengakibatkan udara di sekitarnya bergetar pula.

H.     PENILAIAN
1. Daftar periksa eksplorasi benda yang menghasilkan bunyi. (IPA)
Kriteria Penilaian
Keterangan
Sudah
Belum
Aku sudah dapat menyebutkan 5 benda yang menghasilkan bunyi.


Aku sudah dapat menyebutkan cara menghasilkan bunyi dari 5 benda yang diminta.


Aku dapat menuliskan kesimpulan dari hasil percobaan.



2. Daftar periksa cerita pengamalan nilai-nilai Pancasila. (IPS dan PPKn)
Kriteria Penilaian
Keterangan
Sudah
Belum
Isi cerita sesuai dengan tema.


Isi cerita dihubungkan dengan pengamalan nilai-nilai Pancasila.



3.   Rubrik Diskusi
Kriteria
Bagus Sekali
Cukup
Berlatih lagi
Mendengarkan
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.
(3)
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.
(2)ü
Masih perlu diingatkan untuk
Mendengarkan teman yang  sedang berbicara.
(1) ü
Komunikasi nonverbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah,
suara)
Merespons dan menerapkan komunikasi nonverbal dengan tepat.
(3)ü
Merespons  dengan tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.
(2)
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi  nonverbal
yang ditunjukkan teman.
(1)
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)
Isi pembicaraan menginspirasi teman.
Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.
(3)
Berbicara dan menerangkan secara rinci, Merespons sesuai dengan topik.
(2)
Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung.\
(1)ü
Keruntutan berbicara
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut dari awal hingga akhir.
(3)
Menyampaikan pendapatnya secara runtut, tetapi belum konsisten.
(2)ü
Masih perlu berlatih
untuk berbicara
secara runtut.
(1)

Catatan          : Centang (ü) pada bagian yang memenuhi kriteria.

Penilaian          : total nilai x 10          
                            12

Contoh            : 2+3+1+2 x 10 = 8  x 10= 6,7
12                12

4.   Penilaian sikap (toleransi, tekun, dan teliti).









Mengetahui
............................................




......................................
NIP. ...................................................
............................,     Agustus 2014
Guru kelas IV




......................................
NIP. ...................................................





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan
:  SDN Ujunggagak 01
Kelas / Semester
:   I / 1
Tema 1
Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1
:Keberagaman Budaya Bangsaku
Mapel
:   MTK, Bahasa Indonesia, IPA& SBdP
Pembelajaran Ke
:   5
Alokasi Waktu
:   1  x Pertemuan (6 x 35 menit)

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2       Menguraikan teks instruksi tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1       Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang teks arahan/ petunjuk tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator :
¡  Mempraktikkan langkah-langkah yang terdapat pada teks percobaan perambatan bunyi
¡  Menyajikan langkah-langkah percobaan dalam bentuk laporan

Kompetensi Dasar
Matematika
3.12     Mengenal sudut siku-siku melalui pengamatan dan membandingkannya dengan sudut yang berbeda
4.13     Merepresentasikan sudut lancip dan sudut tumpul dalam bangun datar

Indikator :
¡  Mendesain rumah adat impian dengan memerhatikan penggunaan sudut lancip, tumpul, dan siku-siku
Kompetensi Dasar
IPA
3.5       Memahami sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indra pendengaran
4.4       Menyajikan hasil percobaan atau observasi tentang bunyi
Indikator :
¡  Menjelaskan perambatan sumber bunyi
¡  Membandingkan hasil percobaan perambatan bunyi melalui padat, cair, dan gas

Kompetensi Dasar
SBdP
3.1       Mengenal karya dua dan tiga dimensi berdasarkan pengamatan
4.2       Membuat karya seni kolase dengan berbagai bahan
Indikator :
¡  Mendesain gambar rumah adat impian dengan teknik kolase

C.     TUJUAN PEMEBALAJARAN
¡  Setelah melakukan percobaan, siswa dapat menjelaskan perambatan sumber bunyi dengan benar.
¡  Setelah melakukan percobaan , siswa dapat membandingkan hasil hasil perambatan bunyi melalui benda padat, cair dan gas dengan benar.
¡  Setelah membaca instruksi, siswa mampu mempraktikkan langkah-langkah percobaan perambatan bunyi dengan benar.
¡  Setelah membaca teks laporan dan melakukan percobaan, siswa mampu menyajikan laporan percobaan dengan benar.
¡  Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu mendesain gambar rumah adat impian dengan teknik kolase.
¡  Setelah bereksplorasi dengan sudut, siswa mampu mendesain rumah adat impian dengan memerhatikan penggunaan sudut lancip, tumpul, dan siku-siku.

D.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Lem, cat atau pensil warna, lidi, benang kasur, selang plastik, gelas plastik, paku, corong, botol plastik, ember besar, air, bat koral, dan jam tangan.
¡  Kaidah/cara penulisan laporan.
¡  Ciri khas rumah adat impian dan kaitannya dengan jenis sudut tertentu.

E.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan        : Saintifik
¡  Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Gurumemberikan salam dan mengajak semua siswaberdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangIndahnya Kebersamaan”.
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
¡   Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok. Secara bergantian melakukan percobaan yang ada pada buku siswa. (Mengekplorasi)
¡   Siswa mengisi tabel dan menjawab pertanyaan.
¡   Siswa membuat laporan percobaan dari salah satu percobaan yang telah dilakukannya.
¡   Dalam penulisan laporan, guru mengingatkan siswa tentang beberapa hal berikut. (Mengkomunikasikan)
-       Tujuan ditulis dengan jelas.
-       Bahan-bahan ditulis dengan lengkap.
-       Langkah kerja ditulis dengan runtut.
-       Kesimpulan ditulis dengan jelas dan sesuai dengan data.
¡   Siswa berkreasi membuat rumah adat impiannya dengan memerhatikan sudut yang dibentuk dan menggunakan teknik kolase menggunakan ijuk atau lidi.(Mengekplorasi)
¡   Siswa menceritakan ciri khas rumah adat impiannya dan alasan mengapa memilih jenis sudut tertentu. (Mengkomunikasikan)
¡   Siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa. (Menanya)
¡   Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok. Secara bergantian melakukan percobaan yang ada pada buku siswa. (Mengekplorasi)
150 menit
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit

G.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Lem, cat atau pensil warna, lidi, benang kasur, selang plastik, gelas plastik, paku, corong, botol plastik, ember besar, air, bat koral, dan jam tangan.

H.     PENILAIAN
1. Daftar periksa langkah-langkah percobaan (IPA dan Bahasa Indonesia)
Kriteria Penilaian
Keterangan
Sudah
Belum
Siswa melakukan percobaan sesuai dengan langkah-langkah yang diberikan.


Siswa bisa menyimpulkan bahwa bunyi merambat melalui benda gas (udara), cair (air), dan padat (kabel)



2. Unjuk kerja membuat rumah adat impian (Matematika dan SBdP)

Rubrik Kolase Rumah Adat Impian
Kriteria
Bagus Sekali
Bagus
Cukup
Berlatih lagi
Teknik menggambar bentuk
Semua bagian rumah digambar dengan teknik menggambar sudut yang benar
(4) ü
Sebagian besar rumah digambar dengan teknik menggambar sudut yang benar
(3)
Setengah bagian rumah digambar dengan teknik menggambar sudut yang benar.
(2)
Hanya sebagian kecil rumah digambar dengan teknik menggambar sudut yang benar
(1)
Sudut
Dalam menggambar rumah adat mengaplikasikan sudut lancip, tumpul dan siku-siku dengan benar.
(4)
Dalam menggambar rumah adat hanya Dalam menggambar rumah adat mengaplikasikan dua sudut dengan benar.
(3) ü
Dalam menggambar rumah adat hanya mengaplikasikan satu sudut dengan benar
(2)
Siswa Dalam menggambar rumah adat tidak menggunakan sudut.
(1)
Teknik pengeleman
Seluruh media kerja sudah menggunakan lem sesuai kebutuhan
(2)
Sebagian media kerja sudah menggunakan lem sesuai kebutuhan
(1,5) ü
Setengah bagian media kerja sudah menggunakan lem sesuai kebutuhan
(1)
Sebagian kecil media kerja sudah menggunakan lem sesuai kebutuhan
(0,5)
Teknik Kolase
Menempelkan metarial tepat/ sesuai garis bidang gambar
(4)
Sebagian kecil material belum ditempelkan tepat/ sesuai garis bidang gambar
(3) ü
Setengah material belum ditempelkan tepat/ sesuai garis bidang gambar
(1)
Sebagian besar gambar belum ditempelkan tepat/ sesuai garis bidang gambar
(1)
Pewarnaan
Gambar yang dihasilan tidak kotor dan pewarnaan tidak melampaui garis
(2)
Gambar yang dihasilakn sedikit kotor dan pewarnaan tidak melampaui garis
(1,5) ü
Gambar yang dihasilkan tidak kotor tetapi pewarnaan melampaui garis
(1)
Gambar yang dihasilkan kotor dan pewarnaan melampaui garis
(0,5)
Ketepatan waktu bekerja
Menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan
(2)
Sebagian besar pekerjaan dapat diselesaikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan
(3)
Setengah pekerjaan dapat diselesaiakan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan
(1)ü
Sebagian kecil pekerjaan dapat diselesaikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan
(0,5)
Catatan          : Centang (ü) pada bagian yang memenuhi kriteria.

Penilaian          : total nilai x 10          
                            18

Contoh            : 4+3+1,5+3+1,5+1 x 10 = 14  x 10= 7,9
18                         12

3.   Unjuk Kerja

Rubrik untuk laporan percobaan perambatan suara (IPA dan Bahasa Indonesia)
Kriteria
Bagus Sekali
Bagus
Cukup
Berlatih lagi
Tujuan
Tujuan percobaan
sangat jelas.
(2)
Tujuan percobaan
cukup jelas.
(1,5) ü
Tujuan percoaan
kurang jelas.
(1)
Tujuan percobaan
tidak jelas.
(0,5)
Perlengkapan dan bahan
Seluruh perlengkapan dan bahan ditulis lengkap.
(2) ü
Sebagian besar perlengkapan dan bahan ditulis.
(1,5)
Sebagian kecil perlengkapan dan bahan ditulis.
(1) ü
Perlengkapan dan bahan tidak ditulis.
(1)
Langkah kerja
Seluruh langkah kerja percobaan ditulis secara runtut.
(4)
Sebagian besar langkah kerja percobaan ditulis secara runtut
(3) ü
Hanya sebagian kecil langkah kerja percobaan ditulis secara runtut.
(2)
Semua langkah percobaan tidak ditulis secara runtut.
(1)
Kesimpulan
Kesimpulan dinyatakan dengan sangat jelas dan didukung data yang akurat
(2)
Kesimpulan dinyatakan cukup jelas. Namun, terdapat beberapa data pendukung yang tidak akurat
(3) ü
Kesimpulan kurang jelas dan sebagian data pendukung tidak akurat
(2)
Kesimpulan tidak jelas dan tidak didukung data yang akurat
(1)
Catatan          : Centang (ü) pada bagian yang memenuhi kriteria.

Penilaian          : total nilai x 10          
                            9

Contoh            : 1,5+1+4+3 x 10 = 8,5  x 10= 7,9
12                12

4.   Penilaian sikap (toleransi, tekun, dan teliti).







Mengetahui
............................................




......................................
NIP. ...................................................
............................,     Agustus 2014
Guru kelas IV




......................................
NIP. ...................................................






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan
:  SDN Ujunggagak 01
Kelas / Semester
:   I / 1
Tema 1
Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1
:Keberagaman Budaya Bangsaku
Mapel
:   Bahasa Indonesia &MTK
Pembelajaran Ke
:   6
Alokasi Waktu
:   1  x Pertemuan (6 x 35 menit)

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4       Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.4       Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator :
¡  Menemukan kosakata baku untuk mengganti kosakata tak baku dalam teks cerita

Kompetensi Dasar
Matematika
3.12     Mengenal sudut siku-siku melalui pengamatan dan membandingkannya dengan sudut yang berbeda
4.13     Merepresentasikan sudut lancip dan sudut tumpul dalam bangun datar



Indikator :
¡  Membedakan segi banyak dan bukan segi banyak
¡  Mengidentifikasi sudut-sudut yang ada dalam bangun datar dan mengukur besar sudutnya

C.     TUJUAN PEMEBALAJARAN
¡  Setelah bereksplorasi dan berdiskusi, siswa mampu membedakan segi banyak dan bukan segi banyak.
¡  Setelah bereksplorasi, siswa mampu mengidentifikasi sudut-sudut yang ada dalam bangun datar dan mengukur besar sudutnya.
¡  Setelah membaca teks cerita, siswa mampu menemukan kosakata baku dan tak baku dalam teks.
¡  Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu membedakan tinggi rendah notasi yang sesuai.

D.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Teks cerita dan busur derajat.
¡  Konsep segi banyak dan bukan segi banyak.
¡  Teks tentang pengalaman Lani berlibur di Kota Padang.
¡  Konsep kata baku dan tidak baku.
¡  Kamus Besar Bahasa Indonesia sebagai panduan siswa mencari dan artinya kata baku.

E.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan        : Saintifik
¡  Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Gurumemberikan salam dan mengajak semua siswaberdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangIndahnya Kebersamaan”.
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
¡   Siswa membaca teks dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada. (Mengamati) dan (Menanya)
¡   Siswa bereksplorasi tentang konsep segi banyak.(Mengekplorasi)
¡   Siswa dibagi ke dalam beberapa grup.
¡   Siswa mengelompokkan segi banyak dan bukan segi banyak. Tiap kelompok bertukar hasil pekerjaan dengan kelompok lainnya.
¡   Guru menguatkan pemahaman tentang konsep segi banyak.Segi. (Mengasosiasi)
¡   Siswa mencari sudut-sudut dan memberi tanda dengan huruf. (Mengekplorasi)
¡   Siswa mengukur besar sudut dalam bangun segi banyak.
¡   Guru memotivasi siswa dengan memberikan pertanyaan awal tentang jumlah sudut pada segibanyak. (Mengkomunikasikan)
¡   Guru memerhatikan siswa saat menggunakan busur.
¡   Siswa menjawab pertanyaan tentang konsep segi banyak dan memberikan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. (Menanya)
¡   Siswa membaca teks tentang pengalaman Lani berlibur di Kota Padang.(Mengamati)
¡   Siswa mencari kata baku dan tak baku dari teks bacaan.
¡   Guru mengenalkan konsep kata baku dan tidak baku dengan memberi contoh beberapa kata yang sering diucapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ajak siswa untuk menemukan beberapa kata yang lain. (Mengkomunikasikan)
¡   Guru menyiapkan Kamus Besar Bahasa Indonesia sebagai panduan siswa mencari dan artinya kata baku.
150 menit
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit


G.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Teks cerita dan busur

H.     PENILAIAN
1. Daftar periksa untuk kata baku dan tak baku.(Bahasa Indonesia)
Kriteria Penilaian
Keterangan
Sudah
Belum
Aku sudah dapat menemukan 5 kata baku yang ada dalam teks bacaan dengan arti sesuai KBBI.


Aku sudah dapat menemukan kata tidak baku yang sering diucapkan dalam percakapan sehari-hari dengan arti sesuai KBBI.



2. Lembar kerja Matematika dinilai dengan angka.
3. Evaluasi dinilai dengan angka.
Kriteria
Bagus
Cukup
Kurang
Pilihan Kata
Semua tulisan yang dihasilkan menggunakan pilihan kata baku yang sesuai.
Sebagian tulisan yang dihasilkan menggunakan pilihan kata baku yang sesuai.
Sebagian kecil tulisan yang dihasilkan menggunakan pilihan kata baku yang sesuai.
Keruntutan Cerita
Cerita yang dibuat menceritakan pengalaman dari awal sampai akhir secara berurutan sehingga memudahkan pembaca untuk memahami.
Cerita yang dibuat menceritakan pengalaman dari awal sampai akhir secara kurang berurutan sehingga pembaca kurang memahami.
Cerita yang dibuat tidak berurutan sehingga sulit dipahami.
Tanda Baca
Seluruh tulisan menggunakan huruf besar, tanda titik dan koma dengan tepat.
Ada beberapa kesalahan penggunaan tanda baca.
Banyak kesalahan dalam penggunaan tanda baca dan huruf besar.

4. Evaluasi dinilai dengan angka.
5. Penilaian sikap (toleransi, rasa ingin tahu, dan teliti).





Refleksi Guru
1.   Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pekan ini? Pembelajaran mana yang sudah berjalan efektif? Jelaskan
_______________________________________________________________
_______________________________________________________________
_______________________________________________________________

2.   Pembelajaran atau kegiatan mana yang masih memerlukan peningkatan?
_______________________________________________________________
_______________________________________________________________
_______________________________________________________________

3.   Materi apa yang sudah dikuasai siswa dengan baik? Jelaskan
_______________________________________________________________
_______________________________________________________________
_______________________________________________________________

4.   Apakah ada materi yang sulit dipahami oleh siswa? Jelaskan.
_______________________________________________________________
_______________________________________________________________
_______________________________________________________________


5.   Rencana perbaikan yang akan dilakukan untuk pembelajaran yang akan datang? Jelaskan langkah-langkahnya.
_______________________________________________________________
_______________________________________________________________
_______________________________________________________________



Mengetahui
............................................




......................................
NIP. ...................................................
............................,     Agustus 2014
Guru kelas IV




......................................
NIP. ...................................................

1 komentar: