RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan
|
: SDN Ujunggagak 01
|
Kelas / Semester
|
: I / 1
|
Tema 1
|
: Indahnya Kebersamaan
|
Sub Tema 1
|
:Keberagaman Budaya Bangsaku
|
Mapel
|
:
PKn, Bahasa Indonesia, IPS& SBdP
|
Pembelajaran Ke
|
:
1
|
Alokasi Waktu
|
: 1
x Pertemuan (6 x 35 menit)
|
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis,
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil
pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan
teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan
cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
Indikator :
¡ Mengolah informasi dari teks “Mengenal Suku Minang”
dalam bentuk peta pikiran
Kompetensi Dasar
PPKn
3.4 Memahami
arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
4.3 Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di
lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.4 Mengelompokkan
kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat,
makanan khas, dan upacara adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di
lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
3.4 Memahami
arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
Indikator :
¡ Menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam
bentuk tulisan
¡ Menjelaskan ciri khas suku Minang dalam bentuk peta
pikiran
¡ Menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk
kebanggaan menjadi anak Indonesia
Kompetensi Dasar
IPS
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5 Menceritakan
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
Indikator :
¡ Menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk
menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan
Kompetensi Dasar
SBdP
3.2 Membedakan
panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan
4.5 Menyanyikan
lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada
Indikator :
¡ Menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia “ dengan
tinggi rendah nada yang sesuai
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Setelah mengamati gambar dan diskusi kelas, siswa
mampu menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan dengan
benar.
¡ Setelah membaca teks “Mengenal Suku Minang”, siswa
mampu mengolah informasi dalam bentuk peta pikiran dengan benar.
¡ Setelah mencari informasi keragaman teman
sekelasnya dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan
untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan dengan benar.
¡ Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu
menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia
dengan benar.
¡ Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu
membedakan tinggi rendah notasi yang sesuai.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Peta budaya (ada di buku siswa), teks lagu “Aku
Anak Indonesia”, perbedaan pakaian adat, rumah adat, tarian adat, dan alat
musik tradisional.
¡ Teks “Mengenal Suku Minang”.
¡ Ciri khas daerah dapat dilihat dari berbagai sisi
(bangunan, pakaian, rumah adat, bahasa, upacara adat, dan lain-lain).
E. METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Gurumemberikan salam dan mengajak semua siswaberdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya Kebersamaan”.
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati,
menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡
Siswa mengamati peta budaya perbedaan pakaian adat, rumah
adat, tarian adat, dan alat music tradisional. (Mengamati)
¡
Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.(Menanya)
¡
Guru berkeliling untuk mengetahui apakah ada siswa yang
mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas.
¡
Siswa mendiskusikan jawaban secara berkelompok (satu
kelompok terdiri atas 5 siswa). (Mengekplorasi)
¡
Setiap kelompok mempresentasikan
hasil diskusinya. (Mengkomunikasikan)
¡
Siswa membaca teks “Mengenal Suku Minang”.(Mengamati)
¡
Siswa mengambil informasi penting dari teks yang
dibacanya dan menuliskannya dalam bentuk peta pikiran.
¡
Siswa berpasangan mendiskusikan jawaban dengan temannya. Guru
dan siswa mendiskusikan hasil jawaban tersebut di depan kelas. (Mengekplorasi)
¡
Setelah membuat peta pikiran dan mendiskusikannya, siswa
secara individu menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.(Mengasosiasi)
¡
Untuk menggiring siswa pada pelajaran selanjutnya, guru
secara klasikal mengajukan pertanyaan berikut: (Menanya)
-
Dari manakah asal daerah kalian?
-
Apakah ciri khas daerah asalmu?
¡
Siswa mencari asal-usul daerah teman-temannya di kelas
melalui kegiatan bertanya-jawab tentang suku, agama, dan ciri khas daerah
masing-masing. Ciri khas daerah dapat dilihat dari berbagai sisi (bangunan,
pakaian, rumah adat, bahasa, upacara adat, dan lain-lain).(Mengekplorasi)
|
150 menit
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
G. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya
Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Tema : Indahnya
Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Peta budaya (ada pada buku
siswa), teks lagu “Aku Anak Indonesia”.
H. PENILAIAN
1. Daftar periksa untuk peta pikiran. (Bahasa Indonesia)
Kriteria Penilaian
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Peta
pikiran memuat rumah adat.
|
|
|
Peta
pikiran memuat bahasa.
|
|
|
Peta
pikiran memuat alat musik tradisional.
|
|
|
Peta
pikiran memuat makanan tradisional.
|
|
|
Peta
pikiran memuat tarian tradisional.
|
|
|
2. Daftar periksa untuk sikap menunjukkan keberagaman. (IPS dan PPKn)
Kriteria Penilaian
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Menuliskan
5 sikap menghargai keberagaman.
|
|
|
Menuliskan
5 sikap yang tidak menghargai keberagaman.
|
|
|
3. Daftar periksa untuk menyanyi. (SBdP)
Kriteria Penilaian
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Bernyanyi
sesuai dengan intonasi yang benar.
|
|
|
Bernyanyi
sesuai dengan tinggi rendah nada.
|
|
|
Mengetahui
............................................
......................................
NIP. ...................................................
|
............................, Agustus
2014
Guru kelas IV
......................................
NIP. ...................................................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan
|
: SDN Ujunggagak 01
|
Kelas / Semester
|
: I / 1
|
Tema 1
|
: Indahnya Kebersamaan
|
Sub Tema 1
|
:Keberagaman Budaya Bangsaku
|
Mapel
|
:
Bahasa Indonesia, MTK& SBdP
|
Pembelajaran Ke
|
:
2
|
Alokasi Waktu
|
: 1
x Pertemuan (6 x 35 menit)
|
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis,
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan
berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas,
bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati,
mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak,
energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku
Indikator :
¡ Menjelaskan persamaan antara dua rumah adat yang
disajikan
¡ Menjelaskan perbedaan antara dua rumah adat yang disajikan
Kompetensi Dasar
Matematika
3.12 Mengenal
sudut siku-siku melalui pengamatan dan membandingkannya dengan sudut yang
berbeda
4.13 Merepresentasikan
sudut lancip dan sudut tumpul dalam bangun datar
Indikator :
¡ Membedakan jenis sudut lancip, tumpul, dan
siku-siku
¡ Mengukur besar sudut dengan menggunakan busur
¡ Mendeskripsikan bentuk-bentuk sudut
Kompetensi Dasar
SBdP
3.3 Mengenal
tari-tari daerah dan keunikan geraknya
4.10 Memperagakan
makna gerak ke dalam bentuk tari bertema dengan mengacu pada gaya tari daerah
berdasarkan ruang gerak.
Indikator :
¡ Menjelaskan (asal, keunikan gerakan) salah satu
tarian adat (tari Kipas)
C. TUJUAN
PEMEBALAJARAN
¡ Setelah membaca teks dan mengamati gambar, siswa
mampu menjelaskan perbedaan antara dua
rumah adat dengan benar.
¡ Setelah membaca teks dan mengamati gambar, siswa
mampu menjelaskan persamaan antara dua rumah adat dengan benar.
¡ Setelah bereksplorasi, siswa mampu membedakan jenis
sudut lancip, tumpul, dan siku-siku dengan benar.
¡ Setelah bereksplorasi, siswa mampu mengukur besar
sudut dengan menggunakan busur dengan benar.
¡ Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu
menjelaskan (asal, keunikan gerakan) salah satu tarian adat (tari Kipas) dengan
benar.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Alat: Busur, penggaris, dan benang.
¡ Teks tentang rumah adat dan mengamati bentuknya.
¡ Persamaan dan perbedaan dari dua rumah adat yang
disediakan.
¡ Sudut lancip, tumpul, dan siku-siku.
¡ Teks tarian tradisional.
E. METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Gurumemberikan salam dan mengajak semua siswaberdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya Kebersamaan”.
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati,
menanya, mengeksplorasi,
|
10 menit
|
Inti
|
¡
Siswa membaca teks tentang rumah adat dan mengamati
bentuknya.(Mengamati)
¡
Siswa mencari persamaan dan perbedaan dari dua rumah adat
yang disediakan. (Mengekplorasi)
¡
Siswa menemukan sudut lancip, tumpul, dan siku-siku.
¡
Siswa menunjukkan jawabannya dengan cara melingkari sudut
yang dimaksud dan memberinya nama.(Mengasosiasi)
¡
Siswa saling mengonfirmasi jawaban dengan pasangannya.(Mengkomunikasikan)
¡
Guru memberikan penguatan
terhadap jawaban-jawaban siswa. (Mengkomunikasikan)
¡
Untuk melatih daya analisis dan kemampuan bernalar, guru
memberikan pertanyaan tambahan: (Menanya)
-
Mengapa bentuk atap sebuah rumah memiliki besar sudut
yang berbeda?
-
Apa pengaruhnya?
¡
Siswa memperhatikan benda,
misalnya buku, meja,dan papan tulis yang ditunjukkan guru. (Mengamati)
¡
Siswa menerka jenis sudut pada benda itu.
|
150 menit
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
G. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya
Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Tema : Indahnya
Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Busur, penggaris, dan benang.
H. PENILAIAN
1. Daftar periksa untuk sudut dalam gambar gerakan dan mengukur sudut.
(Matematika)
Kriteria Penilaian
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Siswa
dapat menerapkan pemahaman sudut lancip, tumpul, dan siku-siku dalam gambar.
|
|
|
Siswa
dapat mengukur sudut dengan tepat.
|
|
|
2. Rubrik Diskusi.
Kriteria
|
Bagus Sekali
|
Cukup
|
Berlatih lagi
|
Mendengarkan
|
Selalu
mendengarkan teman yang sedang berbicara
(3)
|
Mendengarkan
teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.
(2)
ü
|
Masih
perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.
(1)
|
Komunikasi nonverbal (kontak
mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
|
Merespons
dan menerapkan komunikasi nonverbal dengan tepat.
(3)
ü
|
Merespons
dengan tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.
(2) ü
|
Membutuhkan
bantuan dalam memahami bentuk komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.
(1)
|
Partisipasi (menyampaikan
ide, perasaan, pikiran)
|
Isi
pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.
(3)
|
Berbicara dan
menerangkan secara rinci, Merespons sesuai dengan
topik.
(2)
|
Jarang
berbicara selama proses diskusi berlangsung.
(1) ü
|
Keruntutan berbicara
|
Menyampaikan
pendapatnya secara runtut dari awal hingga akhir.
(3)
|
Menyampaikan
pendapatnya secara runtut, tetapi belum konsisten.
(2) ü
|
Masih
perlu berlatih untuk berbicara secara runtut.
(1)
|
Catatan : Centang (ü) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian : total nilai x 10 Contoh
:2+3+1+2 x 10 = 8 = 6,7
12
12 12
3. Daftar periksa untuk sikap menunjukkan keberagaman. (Bahasa
Indonesia)
Kriteria Penilaian
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Menuliskan
dua perbedaan rumah adat
|
|
|
Menuliskan
satu persamaan rumah adat
|
|
|
4. Lembar kerja menjawab pertanyaan dalam teks dinilai dengan nilai
angka. (SBdP)
5. Penilaian sikap (toleransi, rasa ingin tahu, dan teliti). Contoh
terlampir di halaman 151.
Mengetahui
............................................
......................................
NIP. ...................................................
|
............................, Agustus
2014
Guru kelas IV
......................................
NIP. ...................................................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan
|
: SDN Ujunggagak 01
|
Kelas / Semester
|
: I / 1
|
Tema 1
|
: Indahnya Kebersamaan
|
Sub Tema 1
|
:Keberagaman Budaya Bangsaku
|
Mapel
|
:
PKn, IPS&PJOK
|
Pembelajaran Ke
|
:
3
|
Alokasi Waktu
|
: 1
x Pertemuan (6 x 35 menit)
|
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis,
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan
berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar
PPKn
3.1 Memahami makna dan keterkaitan simbol-simbol sila Pancasila
dalam memahami Pancasila secara utuh.
3.4 Memahami
arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.1 Mengamati
dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah
dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh.
Indikator :
¡ Menuliskan makna dari tiap sila Pancasila dalam
bentuk peta pikiran
¡ Menjelaskan perilaku yang sesuai dengan sila-sila
Pancasila dalam bentuk tulisan
¡ Mendesain poster tentang persatuan
Kompetensi Dasar
IPS
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika
interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
Indikator :
¡ Menjelaskan nilai-nilai yang dipelajari pada saat
mempraktikkan permainan tradisional yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar
PJOK
3.9 Memahami
pengaruh aktivitas fisik dan istirahat yang cukup terhadap pertumbuhan dan
perkembangan tubuh
4.3 Mempraktikkan
kombinasi pola gerak dasar lokomotor untuk membentuk gerakan dasar atletik
jalan cepat dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau
olahraga tradisional
Indikator :
¡ Mempraktikkan permainan tradisional dengan teknik
bermain yang benar
D. TUJUAN
PEMBALAJARAN
¡ Setelah memperhatikan
penjelasan guru, siswa mampu mempraktikkan permainan tradisional dengan teknik
bermain yang benar.
¡ Setelah mempraktikkan
permainan tradisional, siswa mampu menjelaskan nilai-nilai yang dipelajari, yang bisa diaplikasikan dalam
kehidupan sehari-hari dengan benar.
¡ Setelah membaca teks dan berdiskusi siswa mampu
menuliskan makna dari tiap sila Pancasila dalam bentuk peta pikiran dengan
benar.
¡ Setelah berdiskusi siswa mampu menjelaskan perilaku yang sesuai
dengan sila-sila Pancasila dalam bentuk tulisan dengan benar.
¡ Setelah berdiskusi, siswa mampu
membuat poster tentang keberagaman dengan benar.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Beberapa poster dan tempat untuk
bermain Gobak sodor atau Benteng.
¡ Jenis permainan tradisional.
¡ Makna sila-sila dari Pancasila.
¡ Gambar dan teksmakna sila-sila
dari Pancasila.
E. METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Gurumemberikan salam dan mengajak semua siswaberdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya Kebersamaan”.
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati,
menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡
Guru mengenalkan berbagai jenis permainan tradisional
yang ada pada buku siswa (nama, asal permainan, dan carabermain). (Mengkomunikasikan)
¡
Sebelum mengajak siswa bermain, guru membaca dengan
saksama teks “Gobak Sodor” dan “Benteng-bentengan”.(Mengekplorasi)
¡
Setelah kegiatan bermain, siswa bersama guru berdiskusi
tentang kegiatan permainan yang telah dilakukan.(Mengekplorasi)
¡
Siswa menjawab pertanyaan pada
buku siswa. (Menanya)
¡
Siswa menganalisis makna
sila-sila dari Pancasila dengan menganalisis gambar dan membaca teks. (Mengekplorasi)
¡
Siswa diajak untuk menghubungkan
hal-hal baik yang didapatkan dari permainan dengan nilai-nilai Pancasila. (Mengasosiasi)
¡
Siswa menulis cerita tentang pengalamannya bermain salah
satu permainan tradisional. (Mengkomunikasikan)
¡
Siswa diingatkan untuk memasukkan
hal-hal berikut dalam tulisannya.
Hal-hal yang
harus ditulis adalah:
-
aturan permainan;
-
cara permainan;
-
strategi permainan;
|
150 menit
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
G. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya
Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Tema : Indahnya
Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Beberapa poster dan tempat untuk bermain Gobak sodor atau
Benteng.
H. PENILAIAN
1. Kegiatan mempraktikkan permainan tradisional dinilai dengan
menggunakan daftar periksa. (PJOK)
Kriteria Penilaian
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Siswa
mampu bermain gobak sodor dan
galasin dengan aturan yang benar.
|
|
|
Siswa
mampu bekerja sama dengan temannya saat bermain.
|
|
|
2. Kegiatan menuliskan pengalaman dinilai dengan daftar periksa. (IPS)
Kriteria Penilaian
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Siswa mampu menuliskan aturan
permainan dengan benar.
|
|
|
Siswa mampu menuliskan cara
permainan dengan benar.
|
|
|
Siswa mampu menuliskan strategi
permainan dengan benar.
|
|
|
Siswa mampu menjelaskan
nilai-nilai yang dipelajari pada saat mempraktikkan permainan tradisional
serta manfaatnya dengan benar.
|
|
|
Catatan : Centang (ü) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian : total nilaix 10
16
Contoh : 3+2+2+3x 10= x10 = 6,3
16 16
3. Unjuk Kerja
Kriteria
|
Bagus Sekali
|
Bagus
|
Cukup
|
Berlatih lagi
|
Bahasa
|
Siswa
dapat membuat dan menggunakan bahasa ajakan yang tepat dan informatif, serta
mandiri saat mengerjakannya.
(4)
ü
|
Siswa dapat
membuat dan menggunakan bahasa ajakan yang tepat dan informatif, namun belum
sepenuhnya mandiri saat mengerjakannya.
(2)
ü
|
Siswa
dapat membuat dan menggunakan bahasa ajakan yang tepat, namun belum
informatif dan belum sepe-nuhnya man-diri saat me-ngerjakannya.
(2)
|
Siswa
belum dapat mem-buat dan me-nggunakan bahasa ajakan yang tepat dan belum
in-formatif serta belum mandiri saat menger-jakanya.
(1)
|
Gambar
|
Siswa
dapat membuat gambar yang sesuai dengan kalimat yang dibuat serta ukuran yang
seimbang dengan bidang kertas.
(4)
|
Siswa
dapat membuat gambar yang sesuai dengn kalimat yang dibuatnya, namun ukuran gambar
masih belum sesuai dengan bidang kertas.
(3)
ü
|
Siswa
belum dapat mem-buat gambar yang sesuai dengan kali-mat yang di buat, walau
pun ukuran gambar sesuai dengan bidang kertas.
(2)
|
Siswa
belum dapat membuat gambar yang sesuai dengan kalimat yang dibuat serta
ukuran gambar belum sesuai dengan bidang kertas.
(1)
|
Kerapian
|
Siswa
dapat menuliskan dan mewarnai gambar dengan rapi serta menarik dan dapat
menjaga kebersihan kertas kerja.
(2)
|
Siswa
dapat menuliskan dengan rapi dan mewarnai gambar tidak
melebihi
garis gambar, na-mun dalam menjaga ke-bersihan ker-tas kerja be-lum maksimal
(kotor dan ada coretan )
(1,5)
ü
|
Siswa
dapat menulis dengan rapi, namun dalam mewarnai belum rapi dan kebersihan
kertas kerja belum terjaga.
(1)
|
Siswa
belum dapat menulis dengan rapi dan dalam mewarnainya pun masih melebihi
garis gambar serta kebersihan kertas kerja belum terjaga.
(0,5)
|
Catatan : Centang (ü) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian : total nilai x 10
12
Contoh : 4+3+1,5 x 10 = 8,5 =
8,7
10
10
4. Penilaian sikap (toleransi,
tekun, dan teliti).
Contoh terlampir di halaman 151.
Mengetahui
............................................
......................................
NIP. ...................................................
|
............................, Agustus
2014
Guru kelas IV
......................................
NIP. ...................................................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan
|
: SDN Ujunggagak 01
|
Kelas / Semester
|
: I / 1
|
Tema 1
|
: Indahnya Kebersamaan
|
Sub Tema 1
|
:Keberagaman Budaya Bangsaku
|
Mapel
|
:
PPKn, IPS&IPA
|
Pembelajaran Ke
|
:
4
|
Alokasi Waktu
|
: 1
x Pertemuan (6 x 35 menit)
|
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis,
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan
berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar
PPKn
3.1 Memahami makna dan keterkaitan simbol-simbol sila
Pancasila dalam memahami Pancasila secara utuh
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di
sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu
kesatuan yang utuh
Indikator :
¡ Menceritakan pengalaman
mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar
IPA
3.5 Memahami sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indra
pendengaran
4.4 Menyajikan hasil percobaan atau observasi tentang bunyi
Indikator :
¡ Menjelaskan sumber bunyi dalam bentuk tulisan
¡ Membandingkan bunyi yang dihasilkan oleh benda yang bergetar
Kompetensi Dasar
IPS
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan
alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika
interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
Indikator :
¡ Menceritakan pengalamannya
menjaga keharmonisan hubungan dengan teman sebagai pengamalan nilai-nilai Pancasila
C. TUJUAN
PEMEBALAJARAN
¡ Setelah membaca teks dan bereksplorasi dengan benda-benda sekitar,
siswa dapat menjelaskan sumber bunyi dalam bentuk tulisan.
¡ Setelah bereksplorasi dengan benda-benda sekitar,
siswa dapat membandingkan bunyi yang
dihasilkan oleh benda yang bergetar.
¡ Setelah berdiskusi siswa dapat menceritakan
pengalamannya mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Berbagai jenis benda yang menghasilkan bunyi
seperti botol, sendok, tutup panci, dan lain-lain (Segala macam bentuk bunyi
berasal dari benda yang bergetar dan mengakibatkan udaradi sekitarnya bergetar
pula).
¡ Teks tentang Alat Musik Tradisional.
¡ Konsep harmoni dalam bermusik.
¡ Makna harmoni dalam kehidupan sehari-hari.
E. METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Gurumemberikan salam dan mengajak semua siswaberdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya Kebersamaan”.
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati,
menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡ Siswa membaca dan memahami informasi teks
tentang Alat Musik Tradisional.(Mengamati)
¡
Berdasarkan pengetahuan yang didapat dari teks bacaan, siswa diminta menyebutkan
alat musik yang diketahuinya serta cara memainkan alat tersebut.(Mengkomunikasikan)
¡
Siswa bereksplorasi dengan berbagai sumber bunyi dari
benda-benda di sekitar. Hasil eksplorasi dituliskan pada tabel pada buku
siswa. (Mengekplorasi)
¡
Guru menyiapkan benda-benda yang dibunyikan dengan cara:
-
Ditiup: peluit
-
Digesek: sisir
-
Dipetik: karet
-
Ditekan: mainan anak
¡
Siswa mengamati tabel dan
mengambil kesimpulan dari kegiatan yang dilakukan.(Mengamati)
¡
Guru membantu siswa untuk
menemukan kesimpulan yang sesuai harapan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan seperti: (Mengkomunikasikan)
-
Apakah semua benda yang kalian amati memiliki bunyi?
-
Dengan cara apakah benda itu dapat berbunyi?
¡
Apa yang kalian rasakan pada kulit kalian saat kalian
membuat benda itu berbunyi?
|
150 menit
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
G. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya
Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Tema : Indahnya
Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Berbagai jenis benda yang
menghasilkan bunyi seperti botol, sendok, tutup panci, dan lain-lain.
¡ Segala macam bentuk bunyi
berasal dari benda yang bergetar dan mengakibatkan udara di sekitarnya bergetar
pula.
H. PENILAIAN
1. Daftar periksa
eksplorasi benda yang menghasilkan bunyi. (IPA)
Kriteria Penilaian
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Aku
sudah dapat menyebutkan 5 benda yang menghasilkan bunyi.
|
|
|
Aku
sudah dapat menyebutkan cara menghasilkan bunyi dari 5 benda yang diminta.
|
|
|
Aku
dapat menuliskan kesimpulan dari hasil percobaan.
|
|
|
2. Daftar periksa cerita
pengamalan nilai-nilai Pancasila. (IPS dan PPKn)
Kriteria Penilaian
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Isi
cerita sesuai dengan tema.
|
|
|
Isi
cerita dihubungkan dengan pengamalan nilai-nilai Pancasila.
|
|
|
3. Rubrik Diskusi
Kriteria
|
Bagus Sekali
|
Cukup
|
Berlatih lagi
|
Mendengarkan
|
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.
(3)
|
Mendengarkan
teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.
(2)ü
|
Masih perlu
diingatkan untuk
Mendengarkan
teman yang sedang berbicara.
(1)
ü
|
Komunikasi nonverbal (kontak mata,
bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah,
suara)
|
Merespons dan menerapkan komunikasi nonverbal dengan tepat.
(3)ü
|
Merespons dengan tepat terhadap komunikasi nonverbal
yang ditunjukkan teman.
(2)
|
Membutuhkan
bantuan dalam memahami bentuk komunikasi
nonverbal
yang
ditunjukkan teman.
(1)
|
Partisipasi (menyampaikan ide,
perasaan, pikiran)
|
Isi
pembicaraan menginspirasi teman.
Selalu
mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.
(3)
|
Berbicara
dan menerangkan secara rinci, Merespons sesuai dengan topik.
(2)
|
Jarang
berbicara selama proses diskusi berlangsung.\
(1)ü
|
Keruntutan berbicara
|
Menyampaikan
pendapatnya
secara
runtut dari
awal hingga akhir.
(3)
|
Menyampaikan
pendapatnya secara runtut, tetapi belum konsisten.
(2)ü
|
Masih perlu
berlatih
untuk
berbicara
secara
runtut.
(1)
|
Catatan : Centang (ü) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian : total nilai x 10
12
Contoh : 2+3+1+2 x 10 = 8 x 10= 6,7
12 12
4. Penilaian sikap (toleransi, tekun, dan teliti).
Mengetahui
............................................
......................................
NIP. ...................................................
|
............................, Agustus
2014
Guru kelas IV
......................................
NIP. ...................................................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan
|
: SDN Ujunggagak 01
|
Kelas / Semester
|
: I / 1
|
Tema 1
|
: Indahnya Kebersamaan
|
Sub Tema 1
|
:Keberagaman Budaya Bangsaku
|
Mapel
|
:
MTK, Bahasa Indonesia, IPA& SBdP
|
Pembelajaran Ke
|
:
5
|
Alokasi Waktu
|
: 1
x Pertemuan (6 x 35 menit)
|
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis,
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan
berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan teks instruksi tentang pemeliharaan pancaindera
serta penggunaan alat teknologi modern dan
tradisional dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Menerangkan
dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang teks arahan/ petunjuk tentang pemeliharaan pancaindera
serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator :
¡ Mempraktikkan langkah-langkah yang terdapat pada
teks percobaan perambatan bunyi
¡ Menyajikan langkah-langkah percobaan dalam bentuk
laporan
Kompetensi Dasar
Matematika
3.12 Mengenal sudut siku-siku melalui pengamatan dan membandingkannya
dengan sudut yang berbeda
4.13 Merepresentasikan sudut lancip dan sudut tumpul dalam bangun
datar
Indikator :
¡ Mendesain rumah adat impian dengan memerhatikan
penggunaan sudut lancip, tumpul, dan siku-siku
Kompetensi Dasar
IPA
3.5 Memahami sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan
keterkaitannya dengan indra pendengaran
4.4 Menyajikan hasil percobaan atau observasi tentang bunyi
Indikator :
¡ Menjelaskan perambatan sumber bunyi
¡ Membandingkan hasil percobaan perambatan bunyi
melalui padat, cair, dan gas
Kompetensi Dasar
SBdP
3.1 Mengenal
karya dua dan tiga dimensi berdasarkan pengamatan
4.2 Membuat karya seni kolase dengan berbagai bahan
Indikator :
¡ Mendesain gambar rumah adat impian dengan teknik
kolase
C. TUJUAN
PEMEBALAJARAN
¡ Setelah melakukan percobaan, siswa dapat
menjelaskan perambatan sumber bunyi dengan benar.
¡ Setelah melakukan percobaan , siswa dapat
membandingkan hasil hasil perambatan bunyi melalui benda padat, cair dan gas
dengan benar.
¡ Setelah membaca instruksi, siswa mampu
mempraktikkan langkah-langkah percobaan perambatan bunyi dengan benar.
¡ Setelah membaca teks laporan dan melakukan
percobaan, siswa mampu menyajikan laporan percobaan dengan benar.
¡ Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu
mendesain gambar rumah adat impian dengan teknik kolase.
¡ Setelah bereksplorasi dengan sudut, siswa mampu
mendesain rumah adat impian dengan memerhatikan penggunaan sudut lancip,
tumpul, dan siku-siku.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Lem, cat atau pensil warna, lidi, benang kasur,
selang plastik, gelas plastik, paku, corong, botol plastik, ember besar, air, bat
koral, dan jam tangan.
¡ Kaidah/cara penulisan laporan.
¡ Ciri khas rumah adat impian dan kaitannya dengan
jenis sudut tertentu.
E. METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Gurumemberikan salam dan mengajak semua siswaberdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya Kebersamaan”.
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati,
menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡
Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok. Secara bergantian
melakukan percobaan yang ada pada buku siswa. (Mengekplorasi)
¡
Siswa mengisi tabel dan menjawab pertanyaan.
¡
Siswa membuat laporan percobaan dari salah satu percobaan
yang telah dilakukannya.
¡
Dalam penulisan laporan, guru
mengingatkan siswa tentang beberapa hal berikut. (Mengkomunikasikan)
- Tujuan ditulis dengan jelas.
- Bahan-bahan ditulis dengan lengkap.
- Langkah kerja ditulis dengan runtut.
- Kesimpulan ditulis dengan jelas dan
sesuai dengan data.
¡
Siswa berkreasi membuat rumah adat impiannya dengan
memerhatikan sudut yang dibentuk dan menggunakan teknik kolase menggunakan
ijuk atau lidi.(Mengekplorasi)
¡
Siswa menceritakan ciri khas rumah adat impiannya dan
alasan mengapa memilih jenis sudut tertentu. (Mengkomunikasikan)
¡
Siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa. (Menanya)
¡
Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok. Secara bergantian melakukan
percobaan yang ada pada buku siswa. (Mengekplorasi)
|
150 menit
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
G. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya
Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Tema : Indahnya
Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Lem, cat atau pensil warna, lidi,
benang kasur, selang plastik, gelas plastik, paku, corong, botol plastik, ember
besar, air, bat koral, dan jam tangan.
H. PENILAIAN
1. Daftar periksa langkah-langkah
percobaan (IPA dan Bahasa Indonesia)
Kriteria Penilaian
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Siswa
melakukan percobaan sesuai dengan langkah-langkah yang diberikan.
|
|
|
Siswa
bisa menyimpulkan bahwa bunyi merambat melalui benda gas (udara), cair (air),
dan padat (kabel)
|
|
|
2. Unjuk kerja membuat rumah
adat impian (Matematika dan SBdP)
Rubrik Kolase Rumah Adat
Impian
Kriteria
|
Bagus Sekali
|
Bagus
|
Cukup
|
Berlatih lagi
|
Teknik menggambar bentuk
|
Semua
bagian rumah digambar dengan teknik menggambar sudut yang benar
(4)
ü
|
Sebagian
besar rumah digambar dengan teknik menggambar sudut yang benar
(3)
|
Setengah
bagian rumah digambar dengan teknik menggambar sudut yang benar.
(2)
|
Hanya sebagian kecil rumah digambar dengan teknik menggambar sudut yang
benar
(1)
|
Sudut
|
Dalam
menggambar rumah adat mengaplikasikan sudut lancip, tumpul dan siku-siku
dengan benar.
(4)
|
Dalam
menggambar rumah adat hanya Dalam menggambar rumah adat mengaplikasikan dua
sudut dengan benar.
(3)
ü
|
Dalam
menggambar rumah adat hanya mengaplikasikan satu sudut dengan benar
(2)
|
Siswa
Dalam menggambar rumah adat tidak menggunakan sudut.
(1)
|
Teknik pengeleman
|
Seluruh
media kerja sudah menggunakan lem sesuai kebutuhan
(2)
|
Sebagian
media kerja sudah menggunakan lem sesuai kebutuhan
(1,5)
ü
|
Setengah
bagian media kerja sudah menggunakan lem sesuai kebutuhan
(1)
|
Sebagian
kecil media kerja sudah menggunakan lem sesuai kebutuhan
(0,5)
|
Teknik Kolase
|
Menempelkan
metarial tepat/ sesuai garis bidang gambar
(4)
|
Sebagian
kecil material belum ditempelkan tepat/ sesuai garis bidang gambar
(3) ü
|
Setengah
material belum ditempelkan tepat/ sesuai garis bidang gambar
(1)
|
Sebagian
besar gambar belum ditempelkan tepat/ sesuai garis bidang gambar
(1)
|
Pewarnaan
|
Gambar
yang dihasilan tidak kotor dan pewarnaan tidak melampaui garis
(2)
|
Gambar
yang dihasilakn sedikit kotor dan pewarnaan tidak melampaui garis
(1,5) ü
|
Gambar
yang dihasilkan tidak kotor tetapi pewarnaan melampaui garis
(1)
|
Gambar
yang dihasilkan kotor dan pewarnaan melampaui garis
(0,5)
|
Ketepatan waktu bekerja
|
Menyelesaikan
pekerjaan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan
(2)
|
Sebagian
besar pekerjaan dapat diselesaikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan
(3)
|
Setengah
pekerjaan dapat diselesaiakan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan
(1)ü
|
Sebagian
kecil pekerjaan dapat diselesaikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan
(0,5)
|
Catatan : Centang (ü) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian : total nilai x 10
18
Contoh : 4+3+1,5+3+1,5+1 x 10 = 14 x 10= 7,9
18 12
3. Unjuk Kerja
Rubrik untuk laporan percobaan
perambatan suara (IPA dan Bahasa Indonesia)
Kriteria
|
Bagus Sekali
|
Bagus
|
Cukup
|
Berlatih lagi
|
Tujuan
|
Tujuan
percobaan
sangat
jelas.
(2)
|
Tujuan
percobaan
cukup
jelas.
(1,5)
ü
|
Tujuan
percoaan
kurang
jelas.
(1)
|
Tujuan
percobaan
tidak
jelas.
(0,5)
|
Perlengkapan dan bahan
|
Seluruh
perlengkapan dan bahan ditulis lengkap.
(2)
ü
|
Sebagian
besar perlengkapan dan bahan ditulis.
(1,5)
|
Sebagian
kecil perlengkapan dan bahan ditulis.
(1)
ü
|
Perlengkapan
dan bahan tidak ditulis.
(1)
|
Langkah kerja
|
Seluruh
langkah kerja percobaan ditulis secara runtut.
(4)
|
Sebagian
besar langkah kerja percobaan ditulis secara runtut
(3)
ü
|
Hanya
sebagian kecil langkah kerja percobaan ditulis secara runtut.
(2)
|
Semua
langkah percobaan tidak ditulis secara runtut.
(1)
|
Kesimpulan
|
Kesimpulan
dinyatakan dengan sangat jelas dan didukung data yang akurat
(2)
|
Kesimpulan
dinyatakan cukup jelas. Namun, terdapat beberapa data pendukung yang tidak
akurat
(3)
ü
|
Kesimpulan
kurang jelas dan sebagian data pendukung tidak akurat
(2)
|
Kesimpulan
tidak jelas dan tidak didukung data yang akurat
(1)
|
Catatan : Centang (ü) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian : total nilai x 10
9
Contoh : 1,5+1+4+3 x 10 = 8,5 x 10= 7,9
12 12
4. Penilaian sikap (toleransi, tekun, dan teliti).
Mengetahui
............................................
......................................
NIP. ...................................................
|
............................, Agustus
2014
Guru kelas IV
......................................
NIP. ...................................................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan
|
: SDN Ujunggagak 01
|
Kelas / Semester
|
: I / 1
|
Tema 1
|
: Indahnya Kebersamaan
|
Sub Tema 1
|
:Keberagaman Budaya Bangsaku
|
Mapel
|
:
Bahasa Indonesia &MTK
|
Pembelajaran Ke
|
:
6
|
Alokasi Waktu
|
: 1
x Pertemuan (6 x 35 menit)
|
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis,
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan
berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang
lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan
tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator :
¡ Menemukan kosakata baku untuk mengganti kosakata
tak baku dalam teks cerita
Kompetensi Dasar
Matematika
3.12 Mengenal sudut siku-siku melalui pengamatan dan membandingkannya
dengan sudut yang berbeda
4.13 Merepresentasikan sudut lancip dan sudut tumpul dalam bangun
datar
Indikator :
¡ Membedakan segi banyak dan bukan segi banyak
¡ Mengidentifikasi sudut-sudut yang ada dalam bangun
datar dan mengukur besar sudutnya
C. TUJUAN
PEMEBALAJARAN
¡ Setelah bereksplorasi dan berdiskusi, siswa mampu
membedakan segi banyak dan bukan segi banyak.
¡ Setelah bereksplorasi, siswa mampu mengidentifikasi
sudut-sudut yang ada dalam bangun datar dan mengukur besar sudutnya.
¡ Setelah membaca teks cerita, siswa mampu menemukan
kosakata baku dan tak baku dalam teks.
¡ Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu
membedakan tinggi rendah notasi yang sesuai.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Teks cerita dan busur derajat.
¡ Konsep segi banyak dan bukan segi banyak.
¡ Teks tentang pengalaman Lani berlibur di Kota
Padang.
¡ Konsep kata baku dan tidak baku.
¡ Kamus Besar Bahasa Indonesia sebagai panduan siswa
mencari dan artinya kata baku.
E. METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Gurumemberikan salam dan mengajak semua siswaberdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya Kebersamaan”.
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati,
menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡
Siswa membaca teks dan menjawab pertanyaan-pertanyaan
yang ada. (Mengamati) dan (Menanya)
¡
Siswa bereksplorasi tentang konsep segi banyak.(Mengekplorasi)
¡
Siswa dibagi ke dalam beberapa
grup.
¡
Siswa mengelompokkan segi banyak
dan bukan segi banyak. Tiap kelompok bertukar hasil pekerjaan dengan kelompok
lainnya.
¡
Guru menguatkan pemahaman tentang
konsep segi banyak.Segi. (Mengasosiasi)
¡
Siswa mencari sudut-sudut dan
memberi tanda dengan huruf. (Mengekplorasi)
¡
Siswa mengukur besar sudut dalam
bangun segi banyak.
¡
Guru memotivasi siswa dengan memberikan
pertanyaan awal tentang jumlah sudut pada segibanyak. (Mengkomunikasikan)
¡
Guru memerhatikan siswa saat
menggunakan busur.
¡
Siswa menjawab pertanyaan tentang
konsep segi banyak dan memberikan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. (Menanya)
¡
Siswa membaca teks tentang pengalaman Lani berlibur di
Kota Padang.(Mengamati)
¡
Siswa mencari kata baku dan tak
baku dari teks bacaan.
¡
Guru mengenalkan konsep kata baku
dan tidak baku dengan memberi contoh beberapa kata yang sering diucapkan
dalam kehidupan sehari-hari. Ajak siswa untuk menemukan beberapa kata yang
lain. (Mengkomunikasikan)
¡
Guru menyiapkan Kamus Besar
Bahasa Indonesia sebagai panduan siswa mencari dan artinya kata baku.
|
150 menit
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
G. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya
Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Tema : Indahnya
Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Teks cerita dan busur
H. PENILAIAN
1. Daftar periksa untuk kata
baku dan tak baku.(Bahasa Indonesia)
Kriteria Penilaian
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Aku
sudah dapat menemukan 5 kata baku yang ada dalam teks bacaan dengan arti
sesuai KBBI.
|
|
|
Aku
sudah dapat menemukan kata tidak baku yang sering diucapkan dalam percakapan
sehari-hari dengan arti sesuai KBBI.
|
|
|
2. Lembar kerja Matematika
dinilai dengan angka.
3. Evaluasi dinilai dengan
angka.
Kriteria
|
Bagus
|
Cukup
|
Kurang
|
Pilihan Kata
|
Semua
tulisan yang dihasilkan menggunakan pilihan kata baku yang sesuai.
|
Sebagian
tulisan yang dihasilkan menggunakan pilihan kata baku yang sesuai.
|
Sebagian
kecil tulisan yang dihasilkan menggunakan pilihan kata baku yang sesuai.
|
Keruntutan Cerita
|
Cerita
yang dibuat menceritakan pengalaman dari awal sampai akhir secara berurutan
sehingga memudahkan pembaca untuk memahami.
|
Cerita
yang dibuat menceritakan pengalaman dari awal sampai akhir secara kurang
berurutan sehingga pembaca kurang memahami.
|
Cerita
yang dibuat tidak berurutan sehingga sulit dipahami.
|
Tanda Baca
|
Seluruh
tulisan menggunakan huruf besar, tanda titik dan koma dengan tepat.
|
Ada
beberapa kesalahan penggunaan tanda baca.
|
Banyak
kesalahan dalam penggunaan tanda baca dan huruf besar.
|
4. Evaluasi dinilai dengan
angka.
5. Penilaian sikap (toleransi,
rasa ingin tahu, dan teliti).
Refleksi Guru
1. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pekan ini?
Pembelajaran mana yang sudah berjalan efektif? Jelaskan
_______________________________________________________________
_______________________________________________________________
_______________________________________________________________
2. Pembelajaran atau kegiatan mana yang masih
memerlukan peningkatan?
_______________________________________________________________
_______________________________________________________________
_______________________________________________________________
3. Materi apa yang sudah dikuasai siswa dengan
baik? Jelaskan
_______________________________________________________________
_______________________________________________________________
_______________________________________________________________
4. Apakah ada materi yang sulit dipahami oleh
siswa? Jelaskan.
_______________________________________________________________
_______________________________________________________________
_______________________________________________________________
5. Rencana perbaikan yang akan dilakukan untuk
pembelajaran yang akan datang? Jelaskan langkah-langkahnya.
_______________________________________________________________
_______________________________________________________________
_______________________________________________________________
Mengetahui
............................................
......................................
NIP. ...................................................
|
............................, Agustus
2014
Guru kelas IV
......................................
NIP. ...................................................
|
SIIP.............
BalasHapus